Monday 26 March 2018

ON THE JOB TRAINING

Awal semester 7 gue kemarin diawali dengan job training yang bikin penasaran, happy, tapi takut (?)
Persiapan job training cukup ribet yaa sist, termasuk dengan gue harus bikin Curriculum Vitae dengan format yang udah dikasih dari kampus. Kebetulan sebelum kita libur puasa, lebaran, and then job training, kita ditanya nih ada yang mau request hotel atau engga? Tapi kalaupun request harus dengan alasan yang make sense, jadi gue memberanikan diri untuk request di Jakarta dan gue langsung nembak gitu mau di Grand Mercure Jakarta Kemayoran. Kenapa? Karena deket sama rumah dan gue pilih di Jakarta biar gue bisa sekalian ngurus eyang, kasian masa ditinggal-tinggal mulu.
Gue nunggu kabar dari prodi cukup lama, pas bulan puasa aja temen-temen gue udah ada yang mulai job training duluan dan gue masih menikmati bulan ramadhan di rumah. Sempet panik sih, gue diterima apa engga di hotel yang gue mau atau gimana? Soalnya bener-bener lama banget dapet konfirmasinya. Sampe satu minggu setelah lebaran, akhirnya gue dapet kabar untuk interview di hotel itu. Alhamdulillah banget sih, walaupun gue masih nebak-nebak setelah interview nanti apa gue langsung diterima job training disana apa gue bakal interview lagi di tempat lain?
Then, sampailah di tanggal interview. Sumpah sih yaa deg-degan parah. Diminta dateng jam 8 tapi sebelum jam 8 gue udah disana, pake seragam kampus plus pantofel, trus gue harus muter-muter karena gatau harus lewat mana, nanya sana-sini gue jadi bingung parah. Pas udah sampe kantor HRD ternyata memang orang-orangnya belom pada dateng, jadi gue nunggu didepan kantornya. Mau keluar takut ga bisa balik lagi wkwkwkwk.😅
Dan ternyata setelah gue nunggu cukup lama diluar pun, pas udah didalem kantor gue juga nunggu lama sist. Gue harus isi form ini dan itu, lalu interview. Setelah itu gue nunggu lagi, entah berapa lama lalu ke front office untuk interview sama AFOM (Assit. Front Office Manager). Habis itu gue masih nunggu lagi untuk interview sama HM (Hotel Manager) dan akhirnya selesai dengan hasil bahwa minggu depan gue udah bisa mulai masuk. Job training gue bakalan rolling, 2 bulan pertama gue masuk Front Office Department dan 1 bulan terakhir gue masuk Sales & Marketing Department.


FRONT OFFICE DEPARTMENT
This photo was taken on my last day at GMJK
1 bulan pertama gue masuk bagian operator atau sebutan di GMJK sih Guest Service Centre. Hari pertama gue langsung disuruh belajar angkat telepon, gila sih deg-degan parah, takut banget rasanya. Tapi setelah gue lancar banget angkat telepon, asli sih seru. Gue bener-bener ngerasain the real kerja hahah. Gue harus angkat telepon dari internal yang bakalan minta disambungin ke bapak ini/itu, ibu ini/itu, departement ini/itu dan segala macemnya. Ga cuman dari karyawan hotel, gue juga harus angkat telepon dari tamu-tamu hotel yang mau pesen Room Service, minta kebutuhan Housekeeping, minta Make Up Room, minta disambungin ke kamar nomor berapa dan berbagai macam pertanyaan lainnya. Pokoknya disini gue jadi sumber informasi para tamu. Termasuk tamu atau telepon ekternal yaitu mereka yang belum atau akan menginap.
Capek sih ya, gue harus menghafal segala macam fasilitas sampe harga sarapan per pax berapa, kita punya fasilitas apa, ada di lantai berapa, ahh pokoknya banyak bangetlah. Tapi disisi lain, gue merasa jadi pinter gitu bisa jawab segala macam pertanyaan-pertanyaan penelepon. Wkwkwk😂
Ehh tapi, kalo misalkan ada penelepon tamu arab atau tamu luar negeri yang bahasa inggrisnya gue kurang paham atau misalkan dia minta apa yang gue ga ngerti, pasti gue oper ke senior yang incharge disitu. HAHAHA malu sih gue, tapi gue bakalan lebih malu lagi kalo gue maksain untuk jawab telepon mereka tapi salah. Dan gue pernah sampe beranten sama tamu arab karena mereka ga bisa ngomong bahasa inggris, terus mereka suruh gue ngomong bahasa arab tapi gue gabisa. Terus gue pusing. Bhay!!
Ga cuman itu sih, gue juga pernah berantem sama driver gojek yang bakal nganterin barang tamu yang udah check-out tapi ketinggalan di hotel. Wagelaseehhh, itu keselnya parah banget, ampe ubun-ubun.
Well, intinya di GSC ini gue mendapatkan banyak ilmu yang bermanfaat, selain itu orang-orangnya seru banget sih. Parah. Baik-baik, atau mungkin karena di GSC lebih banyak cowok kali yaa dari pada cewek?

GMJK's bellman
GSC / Bellman
Bulan ke-2 waktu gue di GSC habis dan gue langsung rolling ke Reservasi.
Agak bingung sih ya awalnya harus gimana? Komputernya pun full terus gue bingung harus apa? Hahah. Jadinya gue cuman nontonin mereka kerja dan ngapain aja. Di reservasi justru lebih banyak staff cewek dan 1 staff cowok. Jujur sih, selama di reservasi ilmu yang harus dipelajari tuh banyak banget, lebih banyak dari pada GSC dan satu lagi, gue ga boleh angkat telepon. But then, yaudah. Gue juga takut sebenernya kalo angkat telepon di Reservasi hahah.
Tapi yaa lama-kelamaan ada lah yaa apa yang harus gue kerjain kayak harus update tentang reservasi kamar yang dipesen dari OTA. Tapi hal yang paling gue suka sih pas bantuin senior ngurus check-in dan check-out group, ribet sih, capek, tapi seru😆

Reservation girls
Front Desk agent

SALES & MARKETING DEPARTMENT
S&M girls
2 bulan berlalu dan gue harus pindah ke Sales & Marketing Department.
Hari pertama gue langsung ke HRD, yaa kasarnya sih minta dianterin gitu, biar perpindahannya formal dan ada orang yang ditunjuk buat jadi mentor gue, seengganya ada orang yang bisa gue intilin wkwkwk.
Pada akhirnya gue dianter ke office dan gue diserahkan ke ka Dani which is posisi dia disitu adalah Sales Support. Berarti yaa, kerjaan gue akan seperti dia. Hari pertama masih bingung banget harus ngapain. Gue disuruh Ka Candy (which is dia adalah Sales Coordinator atau Sales Admin) untuk angkat telepon gitu kan, cuman gue merasa ilmu gue disini tuh masih jauh banget, gue gatau info-info tentang sales dan ga paham tentang departemen ini. Sampe akhirnya ka Dani ngajak gue untuk nemuin tamu, karena ada tamu yang mau cek venue. Jelas gue mau sih yaa, soalnya bosen banget di office, nothing to do. Dan kerjaan itu lah (nemuin tamu) yang jadi kerjaan paling gue suka. Gue bisa keluar office, gue bisa ketemu tamu dan bisa ngasih informasi tentang hotel yang udah gue pelajari selama di Front Office. Setidaknya ilmu gue berguna sedikit gitu lah yaa.
Yaa intinya kerjaan gue di departemen ini sih lebih ngebantuin tugas-tugas sales di office sih.
Oiya selama di SM Department, gue jadi deket sama temen sesama trainee di GMJK, namanya Tita dari Poltekpar Makasar. Dia job training di Finance Department. Kenapa gue bisa deket? Karena selama di SM kan gue office hours, masuk pagi pulang sore, sama kayak Tita.
Pagi ketemu Tita di loker, jalan ke office bareng, istirahat bareng (kalo kerjaan dia udah kelar), pulang bareng juga (kalo kerjaan dia udah beres) hahah, karena diantara gue sama dia, yang paling sibuk emang dia. Gue kayak kebanyakan nganggur gitu malah.
Tita jadi temen terdekat gue selama satu bulan di GMJK, cerita apapun itu nyambung banget. Sayangnya jatah gue job training cuman 3 bulan, deket sama Tita cuman 1 bulan dan setelah itu gue harus cabut duluan dari hotel.

Tita si anak Makasar😗
Tempat favorit gue, fix banget Front Office.
Orang-orangnya ramah, baik, seru, lucu, ahh pokoknya asik lah. Dan sekarang, merekalah yang paling gue kangenin diantara yang lainnya. Tapi bukan berarti gue ga kangen sama yang lainnya juga loh yaa.

Oiyaa, selama 3 bulan itu akhirnya gue sempet ngerasain staff party. Waktu itu dalam memperingati ulang tahun GMJK yang ke-2 dan kebetulan yang ditunjuk untuk jadi panitia intinya departemen S&M, tapi yaa karena berhubung gue anak magang, jadi yaa gue ga bisa ikutan ngurus-ngurusnya. Padahal pengen. Tapi yang penting ikutan acaranya dahh hahah.

FB & Banquet Team
Ini hal yang paling menyenangkan sih, ketika gue jadi anak trainee tapi gue diajak untuk ikutan foto sama mereka. Gue lupa nama bapak yang nyuruh gue ikutan foto, beliau yang pake kaca mata di kanan sana pake jas. Gila sih, baik banget, ramah, the real hospitality person lah pokoknya mah. Dan yang pake peci itu, GM gue. Gatau kenapa gue selalu takut kalo ketemu beliau, padahal orangnya baik, ramah, tapi gue takut aja gitu😂

Ahh mungkin itu aja yang bisa gue sharing tentang pengalaman Job Training di Grand Mercure Jakarta Kemayoran. 3 bulan yang menyenangkan, dapet relasi baru, temen baru, informasi baru dan tentunya pengalaman baru.

No comments:

Post a Comment