Saturday 10 June 2017

SAK TUH APA SIH, KAK?

Gue lelah dengan masuknya berbagai pertanyaan yang sama di ask.fm gue mengenai SAK. Jadi gue memutuskan untuk memposting tulisan ini untuk kalian-kalian yang kepo tentang SAK, terutama kalian para anon calon maba.


1. SAK tuh apa sih kak?
SAK atau Studi Akomodasi dan Katering adalah program Sarjana yang dimiliki STP NHI Bandung di Jurusan Hospitaliti. Tapi mulai tahun 2017 ini, sistem jurusan di STP udah ga berlaku, jadi semuanya balik ke prodi masing-masing, langsung ke ketua Prodi. Karena kalo dulu pasti ada ketua Jurusan setelah itu baru ketua Prodi (Program Studi). SAK bisa disebut sebagai Prodi baru karena lahir tahun 2008, tapi kalian ga usah khawatir, SAK sudah terakreditasi A.

2. Yang dipelajari SAK apa aja sih kak?
Adooohh, sebenernya gue pusing dengan pertanyaan ini, masa gue harus nyebutin berbagai macam mata kuliah yang kita pelajari? Banyak banget keleus. Intinya sih ya, kita lebih belajar ke management dan konsep. Konsep apa? Ya tergantung mata kuliahnya. Karena program Sarjana di STP memang dibentuk untuk menjadi konseptor salah satunya. Gue kasih bocoran mata kuliahnya nih ya!

Pengantar Katering
Dasar-Dasar Management
Housekeeping
Akutansi
Keuangan
Food Costing
Logistik
Marketing
Pariwisata Internasional
Sumber Daya Manusia
Hukum Ketenagakerjaan
Manajemen Konvensi

Itu beberapa contohnya aja yaa (jangan nanya lagi!) dan untuk mata kuliah Hukum Ketenagakerjaan (HKT) itu sebenernya mata kuliah baru di SAK dan start from angkatan gue di semester 5, entahlah tahun berikut-berikutnya bakalan dapet lagi atau engga (?)

3. SAK praktek ga kak?
Tidak. Sesuai dengan apa yang udah gue bilang sebelumnya bahwa program Sarjana di STP tujuannya ada untuk memberntuk mahasiswanya menjadi konseptor, maka kita ga ada praktek. Full teori. Tapi ga usah khawatir, di semester 2 mulai tahun 2015 kemarin sudah diberlakukan salah satu kegiatan (gue lupa nama kegiatannya) pokoknya kalian bakalan praktek langsung di Hotel, siapa yag ngajarin? Ya orang Hotelnya. Tapi memang ga lama sih, cuman sekitar 2-3 hari aja dan kalian akan kebagian belajar tentang semua departement kok. Selain itu, nanti bakalan ada Cooking Demo juga yang langsung di praktekin sama dosennya. Kalian bisa catet deh tuh resepnya apa aja dan cara masaknya gimana, ga cuman itu, kalian pasti dapet jatah buat nyobain masakannya juga kok.

4. Kegiatan di SAK ngapain aja kak?
Belajar atuh sayaanggg. Hahah yaa emang belajar, tapi selain itu memang bakalan ada kegiatan-kegiatan tiap semesternya sampe semester 5 kayak field trip. Tapi field trip itu ada nama kegiatannya loh yaa ga cuman sekedar field trip. Dan ada juga beberapa kegiatan penelitian atau field trip yang hasilnya harus kalian presentasikan.

5. SAK kalo Field Trip kemana kak?
Mau ke daerah manapun yang pasti bakalan ke Hotel dan melakukan tour de hotel. Tapi pasti ada lah destinasi yang dituju memang untuk main. Tapi sebagian besar akan kalian habiskan di hotel dan cari info sebanyak-banyaknya tentang hotel tersebut.

6. Lulusan SAK bakalan jadi apa kak?
Ya terserah kalian, kalian maunya jadi apa? Kalo kalian merasa lebih menguasai Housekeeping ya masuklah ke Housekeeping Department, kalo kalian merasa oke di Kitchen ya silahkan, Pastry? Silahkan. Apapun yang kalian mau dan apapun yang kalian bisa, ga ada batasan dan ga ada tuntutan kalian harus jadi apa. Tapi akan lebih baik kalo kalian jadi Birokrat atau Konsultan👍
Oiya, ini juga berlaku untuk mahasiswa SAK yang akan Job Training, bisa masuk department mana pun.

When I was on 2nd semester (2015)

When I was on 4th semester (2016)

When I was on 6th semester (2017)


Jujur yaa, gue masuk SAK sama sekali ga menyesal. Awalnya memang agak hopeless karna ga ada prakteknya, tapi setelah gue jalanin, asli sih happy banget, gue dan temen-temen jadi bisa lebih leluasa untuk ikut kegiatan ini dan itu tanpa pusing mikirin besok praktek harus ini-itu, nanti UTS UAS praktek harus hafalin ini-itu harus bikin ini-itu. Huuuaahhhh kayaknya gue ga bakalan kuat hahah soalnya banyak banget temen gue yang anak Diploma pada curhat karna pusing mikirin praktek.

Pusingnya di SAK yaa ga jauh-jauh di laporan, penelitian dan presentasi hahah tapi dengan seringnya presentasi, itu ngelatih gue untuk bicara didepan banyak orang sih. Intinya gue sama sekali ga menyesal, karna masuk STP aja gue udah bersyukur banget, kalo gue menyia-nyiakan SAK, mau dikata apa?😱
Oiya kalian juga bisa follow official instagram Hima SAK disini.


And this is my lovely classmate, SAK 2014❤

No comments:

Post a Comment